Jumat, 31 Mei 2013

Masjid AT-TIN SMP TARUNA JAYA I

MASJID  AT-TIN
SMP TARUNA JAYA I 
Jl. Kedinding Tengah Sekolah No. 40 Surabaya

Masjid AT-TIN terletak di Jl. Kedinding Tengah Sekolah No.40 Surabaya . dilahan milik Yayasan Taruna Jaya. Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut mushollalanggar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan - kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran. 
Semua muslim yang telah baligh atau dewasa harus menunaikan salat lima kali sehari. Walaupun beberapa masjid hanya dibuka pada hari Jumat, tapi masjid yang lainnya menjadi tempat salat sehari-hari. Pada hari Jumat, semua muslim laki-laki yang telah dewasa diharuskan pergi ke masjid untuk menunaikan salat ke masjid, berdasarkan Surah Al-Jumu’ah ayat 9:
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat Jum'at, maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.[13]

Masjid, pada bulan Ramadan, mengakomodasi umat Muslim untuk beribadah pada bulan Ramadan. Allahmadulillah SMP Taruna Jaya I tiap tahunnya mengadakan Acara Pondok Romadhon untuk dapat membentuk Karakter siswa dan menjadikan siswa-siswi yang bertaqwa dan selalu mendekatkan diri Kepada Allah SWT. Biasanya, masjid akan sangat ramai di minggu pertama Ramadan. Pada bulan Ramadan, masjid-masjid biasanya menyelenggarakan acara pengajian yang amat diminati oleh masyarakat. Tradisi lainnya adalah menyediakan iftar, atau makanan buka puasa. Ada beberapa masjid yang juga menyediakan makanan untuk sahur. Masjid-masjid biasanya mengundang kaum fakir miskin untuk datang  menikmati sahur atau iftar di masjid. Hal ini dilakukan sebagai amal shaleh pada bulan Ramadan.[17]
Pada malam hari setelah salat Isya digelar, umat Muslim disunahkan untuk melaksanakankan salat Tarawih berjamaah di masjid. Setelah salat Tarawih, ada beberapa orang yang akan membacakan Al-Qur'an.[13] Pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan, masjid-masjid besar akan menyelenggarakan I'tikaf, yaitu sunnah Nabi Muhammad saw. untuk berdiam diri di Masjid ( mengkhususkan hari-hari terakhir ramadan guna meningkatkan amal ibadah ) dan memperbanyak mengingat Allah swt. 
SMP Taruna Jaya mempunyai ustad- ustad yang handal antara lain : 
1. Ustd. Drs.H.ACH. GHOZALI 
2. Ustd. TASYRIB, SSi.
3. Ust. Drs. DARMADJI, MM, 
4. Ust. WIDODO, S.Pd.I
5. Ust. SYAMSURI
6. Ust. Drs.  MUDJIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar